5 Hal Penting dalam Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Dagang – Perusahaan dagang ialah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli, menyimpan, dan menjual kembali barang tanpa memberikan nilai tambah atau mengubah bentuk.

Yang termasuk dalam golongan perusahaan dagang ini antara lain distributor, agen tunggal, pengecer, toko swalayan, toko serba ada (toserba), atau pusat barang-barang grosir.

Siklus operasi dalam perusahaan dagang utamanya ada empat hal, yakni: pembelian, penjualan, arus kas, dan persediaan barang (stok). Dalam semua siklus operasi yang terjadi, ada baiknya kita perhatikan 5 hal penting dalam pengelolaannya.

>>> Download Software Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang Gratis, Klik Disini <<<

5 Hal Penting dalam Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Dagang

1. Inventory Control

Dalam akuntansi perusahaan dagang, pencatatan persediaan barang atau inventory control di bidang akuntansi dibedakan menjadi 2 yaitu metode persediaan periodik dan perpetual. Dalam metode periodik, adanya transaksi pembelian tidak didebet pada rekening persediaan tapi  pada rekening pembelian.

Begitu pula dengan transaksi penjualan, tidak dikredit pada rekening persediaan tapi pada rekening penjualan. Sedangkan pada metode perpetual, baik jumlah penjualan maupun harga pokok penjualan akan dicatat di setiap barang yang dijual. Dengan cara ini catatan akuntansi akan secara terus-menerus memperlihatkan jumlah persediaan yang ada.

2. Cash Flow (Arus Kas)

Inti dari pengelolaan akuntansi perusahaan dagang adalah arus kas. Dengan dana kas yang terkelola dengan baik, semua aktivitas perusahaan bisa selalu terjaga. Baik itu untuk dana operasional perusahaan, utang-piutang yang jatuh tempo, ataupun bila perusahaan ingin berinvestasi.

Oleh sebab itu laporan keuangan khususnya kas masuk dan kas keluar sangat penting dalam menentukan baik tidaknya kondisi keuangan sebuah perusahaan.

3. Profit Perusahaan

Profit perusahaan merupakan kata kunci untuk menjaga bisnis tetap berkembang. Tanpa profit, perusahaan,akan sulit memperoleh keuntungan sehingga membuat perusahaan tidak berkembang. Ketika perusahaan dagang mengalami hal ini, maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain dan bisa membuat perusahaan gulung tikar.

Mengembangkan bisnis dan meningkatkan profit adalah suatu tantangan yang berkelanjutan. Untuk itu, Anda dituntut untuk terus berinovasi untuk mengembangkan bisnis di era pertumbuhan ekonomi seperti sekarang ini.

Baca Juga : PROGRAM INVENTARIS BARANG, UNTUK MANAJEMEN STOCK BARANG YANG LEBIH MUDAH

4. Kelancaran Utang-Piutang

Utang usaha yang lancar menjadi kekuatan untuk selalu tersedianya stok persediaan pada perusahaan dagang. Pada dasarnya, supplier akan senang memberikan barangnya karena utang yang kita miliki selalu dibayar dengan lancar dan tepat waktu.

Dalam membantu arus kas, umur piutang menjadi penentunya karena penghasil kas adalah dari konsumen. Semakin lama umur piutang, maka perusahaan akan sulit mendapatkan kas.

5. Rekening Akuntansi yang Digunakan

Akun-akun yang dapat digunakan untuk perusahaan dagang lebih variatif dibandingkan jenis usaha jasa atau jenis usaha manufaktur. Perusahaan akan terbantu bila mereka menggunakan software akuntansi. Umumnya, software tersebut sudah menyediakan rekening yang sesuai dengan standar akuntansi.

Baca Juga : Software Cetak Kwitansi, Cetak Kwitansi dengan Cara yang Lebih Modern

Penggunaan Software Akuntansi

Saat ini, software akuntansi dapat digunakan untuk membantu produktivitas Anda dan membuat pekerjaan anda menjadi lebih efektif dan efisien. ITBrain Indonesia menyediakan software akuntansi yang dapat membantu bisnis dan pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat dengan menyiapkan laporan keuangan perusahaan dagang secara instan.

Tidak hanya itu, ada banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh Software Akuntansi kami seperti melihat kas masuk dan keluar secara terperinci, memonitor penjualan dan pembelian beserta daftar invoice, hingga mengecek persediaan barang dengan melihat seluruh daftar barang yang ada.

Nah, Jadi tunggu apa lagi? Segera gunakan Software Akuntansi dan nikmati pengelolaan bisnis  dengan cara yang lebih mudah.

>>> Download Software Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang Gratis, Klik Disini <<<