Inilah Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Ciri ciri Perusahaan dagang –  Perusahaan dagang ialah sebuah usaha yang kegiatan utamanya membeli barang dagangan, menyimpan barang dagangan, kemudian menjual barang tersebut tanpa melalui proses pengolahan. Perusahaan yang bergerak di bidang dagang berbeda dengan perusahaan jasa.

Perbedaannya terletak pada aktivitas yang dijalankannya, yaitu perusahaan dagang menekankan pada aktivitas membeli dan menjual barang dagangan, sedangkan perusahaan jasa fokus pada menyediakan jasa pada konsumennya.

Bagaimana perbedaan antara perusahaan dagang dengan perusahaan manufaktur? Kedua perusahaan tersebut memiliki kegiatan bisnis yang sangat berbeda. Kegiatan utama dalam perusahaan dagang ialah membeli barang dagangan yang kemudian menjualnya kepada konsumen tanpa melalui proses produksi atau pengolahan barang. Sedangkan dalam perusahaan manufaktur, aktivitas utamanya adalah membeli bahan baku yang kemudian diolah menjadi produk jadi yang siap dipasarkan kepada pembeli.

Ciri Ciri Perusahaan Dagang

Ciri Ciri Perusahaan Dagang

Berikut ini adalah ciri – ciri perusahaan dagang yang perlu diketahui:

1. Kegiatan Utama
Ciri ciri perusahaan dagang yang pertama yakni kegiatan utama perusahaan dagang adalah memperjual-belikan barang dagangan di pasar bebas.

2. Ciri Kegiatan Perusahaan Dagang
Ciri ciri perusahaan dagang yang kedua yakni kegiatan akuntansi pada perusahaan dagang memiliki ciri sebagai berikut :

  • adanya akun persediaan barang dagang pada awal dan akhir periode pembukuan
  • adanya perhitungan HPP (harga pokok penjualan) yang tercantum pada laporan laba-rugi.

Penyusunan laporan laba rugi perusahaan dagang dilakukan dengan membandingkan antara harga pokok penjualan dengan harga jual, dimana selisih yang ada disebut laba kotor. Untuk mengetahui jumlah laba bersih yang dihasilkan, laba kotor dikurangi dengan beban administrasi, beban umum, dan beban penjualan.

Penyusunan laporan laba rugi perusahaan dagang dapat dilakukan dengan menggunakan bentuk langsung yang biasa disebut bentuk single step atau dengan bentuk bertahap yang juga disebut dengan multiple step.

Baca Juga : Inilah Manfaat Menggunakan Software Keuangan

3. Sifat Kegiatan Perusahaan Dagang
Pada dasarnya sifat kegiatan perusahaan dagang adalah menyalurkan barang dari pemasok kepada konsumen. Perusahaan dagang dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu:

a. Pedagang besar: perusahaan dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar. Contohnya: agen, grosir, importir, dan eksportir

b. Pedagang menengah: perusahaan dagang yang membeli barang dagang dari pemasok dalam partai yang besar, tetapi kemudian menjual barang dagangannya kepada pada pengecer dalam jumlah atau partai sedang. Misal: toko besar atau menengah

c. Pedagang kecil (retailer): perusahaan dagang yang kegiatannya membeli dan menjual barang dagang dalam partai kecil atau para pengecer yang langsung berhubungan dengan pembeli akhir, misalnya toko kelontong, warung, atau pedagang kaki lima.

>>> Download Software Perusahaan Dagang Gratis, Klik Disini <<<