Jenis Jenis Perusahaan Dagang

Jenis jenis perusahaan dagang – Secara umum, perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli, menyimpan dan menjual kembali barang dagang tanpa memberikan nilai tambah terhadapnya.

Nilai tambah berupa mengolah atau mengubah bentuk atau sifat barang, sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

jenis perusahaan dagang

Jenis – jenis perusahaan dagang terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

  • Perusahaan Dagang Barang Produksi

Jenis perusahaan dagang yang pertama yakni perusahaan berdasarkan produk yang diperdayakan, salah satunya ialah perusahaan dagang barang produksi. Yaitu perusahaan yang memperjualbelikan produk bahan baku (raw material) sebagai bahan dasar pembuatan produk atau alat produksi untuk menghasilkan produk lain seperti kayu gelondongan & mesin gergaji.

  • Perusahaan Dagang Barang Jadi

yaitu perusahaan yang memperdagangkan produk final atau dalam bentuk akhir yang siap untuk dikonsumsi manusia seperti buku,sepatu dan sebagainya.

2. Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Berdasarkan ruang lingkup, perusahaan dagang dibedakan menjadi 2, yaitu pedagang besar & pedagang kecil.

  • Pedagang besar

Jenis perusahaan dagang yang kedua yakni perusahaan berdasarkan ruang lingkupnya, salah satunya ialah pedagang besar, yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dari produsen lalu menjualnya ke pedagang kecil secara partai

  • Pedagang kecil

yaitu pedagang yang membeli barang dagangan dari pedagang besar lalu menjualnya ke konsumen secara eceran.

3. Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

  • Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler)

yaitu perusahaan yang secara langsung membeli produk dari pabrik dalam jumlah yang besar. Perusahaan kemudian menjual barangnya ke sebagian pedagang dengan perantara dengan volume penjualan yang cukup besar. Contohnya perusahaan dagang besar adalah grosir.

  • Perusahaan Dagang Perantara (Middleman)

yaitu perusahaan yang membeli dalam partai besar untuk dijual kembali ke pengecer dalam jumlah sedang. Contoh perusahaan dagang besar diantaranya subgrosir.

  • Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer)

yaitu perusahaan yang langsung berhubungan dengan konsumen. Konsumen bisa membeli secara eceran produk yang ditawarkan. Contoh perusahaan dagang pengecer diantaranya warung, kios dan swalayan.

Software Keuangan Perusahaan Dagang

jenis perusahaan dagang

Software Akuntansi sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena dengan Software ini, anda akan lebih mudah dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan, termasuk laporan neraca dan laba rugi perusahaan.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, buku besar, jurnal, dan laporan-laporan lainnya yang tentunya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Sebelum ada software, pembukuan perusahaan dibuat dengan manual. Tentunya ini akan sangat menyita waktu dalam pembuatan laporan perusahaan yang berjalan setiap menitnya.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, kini ada solusi yang lebih cepat dan efisien. Yakni menggunakan Aplikasi Akuntansi yang tentu lebih membantu daripada metode manual.

Software Akuntansi

Kegunaan dan Manfaat Software Akuntansi diantaranya adalah:

  1. Memudahkan pembuatan Laporan Keuangan dan Tidak memakan waktu lama
  2. Laporan dapat langsung dilihat begitu anda input ke dalam sistem
  3. Meminimalkan kesalahan perhitungan, karena perhitungan sudah otomatis dilakukan sistem
  4. Terintegrasi dengan satu sama lain, antara akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan bisa dilihat secara online dari luar kantor atau lain cabang.
  5. Kerja Hanya satu kali, dan bagiannya masing-masing saja. Karena dengan software, semua akan saling terintegrasi.
  6. Hemat waktu dan biaya, anda dapat melihat apa yang dikerjakan bagian lain secara langsung sesuai dengan otorisasi yang diberikan.

Komputerkit menyediakan berbagai Software Keuangan yang dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan Anda.

Selain itu, software akuntansi kami memiliki tampilan yang sangat sederhana serta menggunakan Bahasa Indonesia, dimana anda akan merasa lebih cepat dan mudah dalam mengoperasikannya.

Nah, masih ingin membuat laporan dengan cara manual, atau yang lebih cepat, akurat dan efisien? Gunakan Software Akuntansi kami untuk laporan keuangan perusahaan yang lebih akurat!

Download Aplikasi Akuntansi Gratis Demo, Klik Disini!!