Bisnis Gurami

Keunggulan Berternak Gurame untuk Usaha Sampingan

Pernahkah  bagi anda, terpikir untuk membuat sebuah usaha dimana menghasilkan keuntungan besar namun menggunakan modal yang hemat!? Jika ya usaha apa yang ingin anda lakukan? Menjadi seorang reseller kah? Pedagang Online? Atau ada yang lain? Kenapa tidak mencoba budidaya gurami saja!?

Bisnis Gurami

Sumber Image: www.facebook.com

Gurame sendiri merupakan salah satu Ikan yang  digemari sebagai lauk konsumsi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal. Dari sini kita sudah mengetahui bahwasanya Ikan Gurami sering dicari-cari sebagai salah satu bahan daging ikan dengan harga yang besar!

Dan yang perlu anda ketahui ternyata untuk berternak gurami sendiri tidak terlalu sulit untuk dilakukan! Apakah anda tertarik untuk berternak gurami? Jika ya silahkan, untuk melanjutkan membaca artikel ini.

 

Cara Sederhana Berternak Gurami

Perlu diketahui bahwasanya cara berternak gurami yang penulis berikan ini berdasarkan pengalaman sendiri. Jadi semua metode yang ditulis sesuai dengan praktek yang telah penulis lakukan! Disini penulis akan menjelaskan secara singkat cara-cara untuk berternak gurami bagi pemula.

  1. Siapkan tempat yang kiranya cocok untuk berternak gurami, jika anda punya halaman belakang yang luas. Anda dapat membangun sebuah kolam dengan ukuran yang menurut anda sesuai dengan luas tanah yang tersedia. Penulis sendiri dulu membangun kolam dengan ukuran 4×4 yang berisi bibit 50 ekor gurami. Lalu tinggi kolam yang dibuat adalah 1.5m, Jika anda tidak mempunyai halaman, anda dapat memakai sebuah bak besar ataupun sebuah drum minyak  bekas yang dibelah menjadi dua dan diisi air sebagai wadah untuk memelihara gurami.
  2. Pembibitan guraminya sendiri dulu penulis mendapatkanya di pasar degan harga 100.000 untuk 50 ekor yang masih berukuran 2 jari manusia. Jika anda pintar-pintar menawar, mungkin anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah!
  3. Sekarang kita menginjak ke tahap pembesaran gurami. Dalam penggunaan pakanya sendiri anda dapat menggunakan T4 untuk pur bagi gurami-gurami tersebut. Dulu untuk satu karungnya seharga Rp 235.000. Tapi jika anda ingin modal yang lebih murah, Rerumputan serta deadunan dapat menjadi pakan alternative untuk gurami. Bahkan lumut pun juga bisa digunakan sebagai salah satu pakanya. Tentu saja pada tahap ini tenaga lebih diperlukan karena sedang masa pembesaran yang biasanya berlangsung selama 4-6 bulan.
  4. Setelah selesai 4 bulan barulah gurami sudah mulai bisa untuk dijual dengan ukuran sebesar 5 jari manusia! Akan tetapi jika anda mengincar harga yang lebih tinggi, tentu saja anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama dalam tahap pembesaran.

 

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<