Laporan Perubahan Modal Pada Perusahaan Dagang 

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang – Laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam setiap usaha. Setiap usaha memerlukan laporan keuangan guna membuat keputusan terkait usaha dimasa mendatang. Laporan keuangan umumnya terdiri dari laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dll.

Apa Itu Laporan Perubahan Modal?

Laporan perubahan modal adalah sebuah laporan yang berisi mengenai modal yang dimiliki oleh perusahaan, serta bagaimana modal-modal tersebut dapat berubah. Perubahan ini bisa berupa penambahan modal maupun pengurangan modal usaha hingga akhir periode akuntansi.

Pada suatu usaha, laporan perubahan modal terdiri atas modal awal, laba dan rugi yang diperoleh dalam periode tertentu. Sehingga laporan laba rugi ini sangat erat kaitannya dengan laporan perubahan modal. Sehingga dengan adanya laporan keuangan perubahan modal ini, pengusaha bisa mengetahui berapa modal akhir dari modal yang tersisa.

Baca juga : APLIKASI KASIR ONLINE SHOP, MUDAHKAN KELOLA BISNIS ONLINE SHOP ANDA

Menyusun Laporan Perubahan Modal

Setelah mengetahui apa itu laporan perubahan modal, inilah tahap menyusun laporan perubahan modal. Apa lagi banyak pengusaha yang tidak mengerti mengenai akuntansi. Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk menyusun laporan perubahan modal.

  1. Modal awal yang dimiliki oleh suatu usaha
  2. Laba bersih dan laba kotor, berasal dari laporan laba rugi
  3. Modal investasi (Jika ada). Apabila Anda mendapatkan dana dari investor
  4. Pengambilan pribadi
  5. Modal akhir
  6. Laba bersih

Yang Menyebabkan Perubahan Modal:

  1. Adanya Tambahan modal, baik investasi atau apapun
  2. Laba dan kerugian usaha
  3. Mengambil Modal jika ada keperluan

Fungsi Laporan Perubahan Modal Pada UKM

  • Agar dapat merangkum aktiva pembayaran dan investasi serta dana yang dihasilkan selama periode akuntansi
  • Melengkapi perubahan dari modal kerja

Baca juga : KESULITAN MENGATUR KEUANGAN TOKO? INI SOLUSINYA

Software Akuntansi Perusahaan Dagang

Setiap perusahaan tentu membutuhkan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, buku besar, jurnal, dan laporan-laporan lainnya yang tentunya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Sebelum ada software, pembukuan perusahaan dibuat dengan manual. Tentunya ini akan sangat menyita waktu dalam pembuatan laporan perusahaan yang berjalan setiap menitnya.

Aplikasi Keuangan Bisnis Dagang adalah jawabannya! Mengapa?  Software Akuntansi dagang sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena dengan Software ini, anda akan lebih mudah dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan, termasuk laporan neraca dan laba rugi perusahaan.Untuk menghindari permasalahan tersebut, kini ada solusi yang lebih cepat dan efisien. Yakni menggunakan Aplikasi Akuntansi yang tentu lebih membantu daripada metode manual

Kegunaan dan Manfaat Software Akuntansi dagang diantaranya adalah:

  1. Memudahkan pembuatan Laporan Keuangan dan Tidak memakan waktu lama
  2. Laporan dapat langsung dilihat begitu anda input ke dalam sistem
  3. Meminimalkan kesalahan perhitungan, karena perhitungan sudah otomatis dilakukan sistem
  4. Terintegrasi dengan satu sama lain, antara akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan bisa dilihat secara online dari luar kantor atau lain cabang.
  5. Kerja Hanya satu kali, dan bagiannya masing-masing saja. Karena dengan software, semua akan saling terintegrasi.
  6. Hemat waktu dan biaya, anda dapat melihat apa yang dikerjakan bagian lain secara langsung sesuai dengan otorisasi yang diberikan.

Komputerkit menyediakan berbagai Software Keuangan yang dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda. Selain itu, software akuntansi kami memiliki tampilan yang sangat sederhana serta menggunakan Bahasa Indonesia, dimana anda akan merasa lebih cepat dan mudah dalam mengoperasikannya. Nah, masih ingin membuat laporan dengan cara manual, atau yang lebih cepat, akurat dan efisien? Gunakan Software Akuntansi kami untuk laporan keuangan perusahaan yang lebih akurat!

Laporan Perubahan Modal Pada Perusahaan Dagang 

>>> Download Software Akuntansi Dagang, Klik Disini <<<