10 Hal Penting Dalam Mengelola Bisnis Online

Mengelola Bisnis Online bisa dibilang susah susah gampang. Apalagi saat ini, bisnis online mulai marak dan digilai oleh masyarakat. Selain karena tidak membutuhkan banyak tenaga dan dapat dijalankan tanpa modal sekalipun,

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS KLIK DISINI

bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang luar biasa apabila dilakukan denga tekun. Namun, tahukah anda bagaimana mengelola online shop yang baik & benar sehingga dapat mendatangkan pelanggan yang puas & membeli lagi?

mengelola bisnis online

10 Hal Penting Dalam Mengelola Bisnis Online

1. Sediakan Contact Person yang Jelas 

Tips mengelola bisnis online yang pertama, yakni sediakan contact person yang jelas. Kunci dasar dari online shop yakni saling keterpercayaan antara pembeli dengan penjual yang transaksinya berlangsung di internet Nah, apabila tidak bertemu langsung, bagaimana cara pembeli mengetahui barang yang akan dibeli? Oleh karna itu sediakan contact person yang jelas dimana para pembeli dapat dengan mudah berinteraksi dengan penjual baik itu via email, chatting, sms, atau telphone. Juga pastikan Contact Person untuk selalu ‘respon cepat’ (fast response).

2. Bersikap Sabar & Ramah

Tips mengelola bisnis online yang kedua, yakni selalu bersikap sabar & ramah. Dalam berbelanja online, seperti pada proses belanja pada umumnya, seorang pembeli akan menawar harga dari barang yang Anda tawarkan, bahkan sampai jauh di bawah perkiraan Anda. Disinilah letak kesabaran Anda sedang diuji, tapi ini juga menjadi peluang untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Layani pembeli dengan ramah & jelaskan tentang kualitas barang, bentuk, & model sehingga membuat pembeli itu merasa bahwa harga yang sudah Anda tawarkan merupakan harga yang wajar.

3. Selalu Up to Date
Tips mengelola bisnis online yang ketiga, yakni selalu up to date. Barang dagangan yang selalu up to date tentu akan menjadi nilai lebih bagi bisnis online Anda, pembeli akan merasa nyaman & mugkin akan ketagihan berbelanja online. Karena barang yang mereka cari sudah tersedia pada bisnis online Anda. Selain mengupload barang dagangan di website online shop Anda, salah satu cara yang ampuh adalah meng-Update barang dagangan Anda di berbagai media sosial.

4. Niat Usaha
Tips mengelola bisnis online yang keempat, yakni niat usaha. Dalam semua hal,  niat yang kuat merupakan modal utama untuk membangun online shop Anda meraih kesuksesan, walaupun mungkin online shop ini hanya usaha sampingan. tapi Anda juga harus sadar mungkin malah online shop ini yang selalu menghasilkan rupiah ke tabungan Anda.

5. Sediakan Layanan Return
Bagi Anda yang memiliki online shop, fasilitas return / menukar barang merupakan layanan wajib dimiliki apabila ingin sukses. Mengapa? Balik lagi ke poin awal, karena online shop penjual dan pembeli tidak saling bertemu, dan juga pembeli tidak pernah bersentuhan langsung dengan produk. Jadi bisa aja barang yang dibeli ternyata rusak atau kekecilan-kebesaran ukurannya atau juga hilang saat pengiriman kan mereka tidak pernah tau, maka dari itu kita harus menyediakan fasilitas Return agar pembeli merasa bahwa dia tidak ditipu dan akan percaya dengan kualitas penjualan Anda. Apabila para pembeli senang, mereka pasti akan kembali lagi belanja pada toko online Anda dan mungkin mereka akan mengajak rekan atau keluarga untuk beli di online shop Anda.

Baca Juga : CARA MEMBUKA BISNIS TOKO DENGAN MODAL TERBATAS HINGGA SUKSES

6. Mengadakan Diskon
Semua orang suka diskon! Ini sangat penting untuk marketing produk Anda. Berilah pelanggan Anda sebuah diskon khusus, sebagai contoh : Diskon di saat-saat tertentu seperti disaat hari raya atau gratis ongkos kirim diwilayah tertentu. Dengan mengadakan diskon ini, pastilah para pembeli Anda akan tertarik untuk beli.

7. Jujur dan Hargai Pembeli Anda
Bisnis yang sukses tidak jauh dari kata Jujur dan menghargai klien atau pembeli. Jika ingin bisnis sukses maka harusnya bersikap jujur pada klien atau pembeli dan juga menghargainya. Jadi jangan sekali-sekali Anda membohongi pembeli tentang bentuk barang, kualitas, apalagi keaslian produk.

8. Jangan Mengumbar Janji
Salah satu lagi yang tidak boleh dilakukan oleh penjual online shop adalah mengumbar janji palsu. Seperti contoh :
– Seorang pembeli ingin membeli sesuatu dari Anda, namun pada saat itu stock barang sedang tidak ada. Nah, yang harus Anda lakukan adalah beritahu dia bahwa barang tidak ada namun bilang juga kapan barangnya akan datang lagi. Jangan berbohong dengan bilang stock barang masih ada.

9. Bedakan Antara Reseller dengan Buyer
Apabila online shop Anda telah memiliki Reseller (orang yang membeli barang Anda dengan jumlah banyak dan untuk diperjual-belikan lagi) maka Anda harus memiliki patokan harga tersendiri yang pastinya lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada patok untuk Buyer (pembeli yang membeli barang Anda untuk kebutuhan pribadi dan dalam jumlah sedikit). Selain itu, saat menyetok barang, pisahkan antara barang yang akan dibeli oleh reseller dengan barang yang akan dijual oleh buyer. Hal ini untuk menghindari tercampurnya barang jualan.

10. Buatlah Perhitungan dan Pembukuan
Dalam dunia usaha baik jualan atau apapun itu, Anda diharuskan membuat perhitungan yang jelas dan benar seperti jumlah barang yang masuk, jumlah barang yang keluar, biaya ini itu, dll. Agar pengeluaran Anda tidak tiba-tiba membengkak dan agar Anda mengetahui untuk apa saja uang Anda dikeluarkan.

>>> Download Software Toko Gratis Versi Demo, Klik Disini !! <<<