Cara Mudah Prosedur Menyusun Neraca Saldo Perusahaan Dagang

Neraca Saldo Perusahaan Dagang – Langkah-langkah pembuatan neraca saldo baik perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa pada dasarnya tidak jauh berbeda. Sumber penyusunan neraca saldo perusahaan dagang juga berasal dari informasi di buku besar.

Yang membedakan antara neraca saldo dari kedua jenis perusahaan; neraca saldo perusahaan dagang dan neraca saldo perusahaan jasa ini adalah saat pemostingan ke buku besar, jika pada neraca saldo perusahaan jasa adalah hasil kegiatan posting dari jurnal umum ke buku besar, namun pada neraca saldo perusahaan dagang adalah hasil kegiatan posting dilakukan dari jurnal khusus ke buku besar.

Neraca Saldo Perusahaan Dagang

Neraca Saldo Perusahaan Dagang

A. Cara Mudah Prosedur Menyusun Neraca Saldo

Setidaknya ada empat langkah yang harus dilakukan untuk menyusun sebuah neraca saldo perusahaan dagang. Ke empat langkah ini cukup mudah untuk dilakukan, meskipun mudah kita sebaiknya juga tetap cermat agar tidak ada yang salah dalam prosesnya baik Analisa, perhitungan atau pemindahan data dari langkah-langkah yang dilakukan.
Apa saja empat langkah itu?

  1. Siapkan format neraca saldo. seperti yang dijelaskan diatas.
  2. Meninjau buku besar dan memindahkan setiap rekening beserta kode akun dan saldo akhirnya dari buku besar ke dalam neraca saldo secara urut dan sistematis.
  3. Langkah selanjutnya setelah dipindahkan dari buku besar adalah menjumlahkan total saldo yang berada di kolom debet dan kredit.
  4. Setelah diketahui hasil kolom debet dan kredit langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa kedua kolom tersebut hasilnya seimbang (balance).

**Catatan : Apabila hasilnya berbeda atau tidak seimbang maka yang harus dilakukan adalah periksa kembali pemindahan dari buku besar kedalam neraca saldo. jika sudah diketahui letak kesalahannya maka ulangi lagi langkah nomer 3.

Baca Juga : MENGENAL JENIS – JENIS TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG

Neraca Saldo 
UD. SINAR
Periode Juli 2017

No. Akun Nama Akun Debet Kredit
111 Kas Rp. 15.000.000
112 Piutang Dagang Rp. 10.000.000
113 Persediaan Rp. 5.000.000
210 Utang Dagang Rp. 8.500.000
310 Modal Tn. Nakula Rp. 15.000.000
410 Penjualan Rp. 25.000.000
510 Pembelian Rp. 15.000.000
610 Biaya Gaji Rp. 3.500.000
  Total Rp. 48.500.000 Rp. 48.500.000

Keterangan

  1. Gambar diatas memberikan informasi tentang proses penyusunan neraca saldo perusahaan dagang yang berupa kas ,piutang dagang penjualan dan retur pembelian.
  2. Dari gambar tersebut bisa kita lihat proses pencatatan dari buku besar kedalam neraca saldo. langkahnya adalah memindahkan jenis akun harta yaitu kas dengan kode akun beserta saldonya.
  3. Saldo yang terakhir diperoleh adalah saldo yang akan ditulis pada neraca saldo.

Baca Juga : JURNAL UMUM PERUSAHAAN DAGANG, LENGKAP 2 METODE PENCATATANNYA & PENJELASAN

Neraca saldo perusahaan dagang disusun setelah dilakukan pemostingan dari jurnal baik jurnal umum atau jurnal khusus kedalam buku besar. Setelah dikelompokkan dengan akun sejenis di buku besar langkah selanjutnya adalah memindahkan akun rekening beserta kode dan jumlah saldo akhirnya kedalam neraca saldo.

Itulah tadi penjelasan mengenai neraca saldo perusahaan dagang semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan semoga dapat menemukan informasi yang sedang dicari.

>>> Download Software Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang, Klik Disini <<<