Pengertian Persediaan Barang Dagang

Pengertian Persediaan Barang Dagang pada akuntansi adalah barang yang tersedia di gudang yang tersedia di jual sekarang atau pun di masa yang akan datang.

Cara memperoleh persediaan barang dagan ini berbagai macam cara diantaranya mengolah sediri dari bahan baku menjadi barang jadi untuk dijual dan atau memperolehnya dari pembelian barang.

Pengertian Persediaan Barang Dagang

Pengertian Persediaan Barang Dagang

Pengertian persediaan barang dagang lainnya ialah merupakan aset perusahaan yang dibeli dan disimpan untuk dijual kembali dan mendapatkan keuntungan.

Pengertian Persediaan barang dagang (inventory) bisa dikatakan sebagai aset yang menganggur atau aset yang menunggu untuk dikeluarkan (dijual). Persediaan barang dagang adalah salah satu aset yang termasuk aktiva lancar.

Persediaan barang dagang dimiliki oleh perusahaan dagang dimana perusahaan hanya membeli dan menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk fisik barangnya.

Baca Juga : Software Manajemen Keuangan Untuk Bisnis

Apapun bentuknya, berapapun nilai nominalnya apabila aset tersebut dimaksudkan untuk dijual kembali dalam artian aset tersebut adalah “dagangan” utama, core bisnis perusahaan maka aktiva tersebut termasuk kedalam pengertian persediaan barang dagang.

Perusahaan manufaktulah yang memproduksi barang persediaanya dan perusahaan dagang adalah melakukan pembelian langsung untuk dijual. Dalam hal pencatatan, persediaan stok barang banyak ada cara yang sering di gunakan adalah sebagai berikut ini:

Stock Barang yang Sering Digunakan Dalam Persediaan Barang Dagang

Pengertian Persediaan Barang Dagang

1. FIFO (fist in first out)
Yang ini berarti yang pertama masuk maka pertama keluar .misalnya jangung jika kita melakukan pembelian pertama terhadapnya 4.000 dan kedua 5000 dan ketiga yang kita jual 4000 maka stcok yang kita kelurakan duluan adalah yang 4000 (alias yang pertama di gudang).

2. LIFO(Last in First Out)
Ini bermakna I yang masuk itu akan keluar terlebih dahulu , juga yang terakhir dimasukan akan kita keluarkan terlebih dahulu. Contohnya ; seperti halnya yang bercetak miring biru di atas, maka yang dikeluarkan dahuluan adalah yang pembelian yang kedua yaitu 5000 sehingga stock yang ada di gudang adalah sebesar 4000 pada pemb.I dan 1000 pemb II

3. AVERAGE
Yaitu adalah sutau penghitungan dengan rata-rata. Selanjutnya tentang persediaan barang dagang/dagangan (kita singkat PBD) itu ada yang namanya dalam proses dan ada juga yang dinamakan PBD jadi yang dinamakan persediaan barang jadi yaitu adalah barang yang sudah jadi dan sudah siap dijual dan atau disimpan di gudang sedangakan pesediaan barang yang diproses yaitu sesuai dengan namanya masih melakukan pemprosesan terlebih dahulunya sebelum barang kita jual

Baca Juga : Software Cetak Kwitansi Gratis, Klik Disini

Jangka Waktu

Jangka waktu dalam penyimpanan untuk penjualan barang dagangan adalah hal yang sangat di perhatikan. Tipe barang yang anda miliki adalah yang anda sesuaikan untuk melihat kondisi yang mana yang tepat anda tempatkan dan pakai jika barang yang anda miliki adalah barang yang mudah busuk maka cara yang tepat anda gunakan adalah cara yang fifo tapi jika anda mempunyai barang yang kokoh dan dapat bertahan lama seperti tv dan lainya maka anda disarankan menggunakan pendekatan LIFO atau juga anda menggunakan average maka intinya dalam pemakaian, kita harus melihat kondisi , manfaat dan lainya jika kita memakai suatu pendekatan tertentu .

>>> Download Software Toko Gratis, Klik Disini <<<