Manfaat Menggunakan Software Inventory dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang

Software Inventory – Menurut Mulyadi (2010)  dalam bukunya “Sistim Akuntansi” menjelaskan persediaan/Inventory meliputi barang yang dibeli dan dimiliki untuk dijual kembali, misalnya, barang dagangan yang dibeli oleh pengecer untuk dijual kembali, atau pengadaan tanah dan properti lainnya untuk dijual kembali. Persediaan juga mencakupi barang jadi yang diproduksi, atau barang dalam penyelesaian yang sedang diproduksi, oleh entitas serta termasuk bahan serta perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi.

Software Inventory

Software Inventory

 

Untuk mempermudah manajer operasional dalam mengelola persediaan dan mempercepat pengambilan keputusan oleh manajemen, maka para pakar ekonomi dan sistem informasi menciptakan suatu metode pencatatan persediaan yang terkomputerisasi yang dikenal denganSoftware Inventory. Software Inventory merupakan bagian dari ERP. 

Menurut Webopedia, Software Inventory merupakan software yang didesain untuk membantu bisnis/usaha untuk mengontrol persediaan, penjualan, pembelian, pengiriman, pemindahan persediaan barang antar gudang dan fungsi fungsi terkait lainnya yang berkaitan dengan persediaan.

Tujuan pengaplikasian Aplikasi Inventory adalah untuk memudahkan proses mencatat mutasi tiap jenis persediaan yang disimpan di gudang, mengurangi terjadinya human error selama proses penginputan sekaligus memudahkan proses pengawasan oleh manajemen perusahaan sehingga mengurangi resiko kehilangan barang atau lainnya. Sistem ini berkaitan erat dengan sistem penjualan, sistem retur penjualan, sistem pembelian, sistem retur pembelian.

Baca juga : 2 TIPS MENGATASI HUTANG PIUTANG YANG BENAR DAN TEPAT

Manfaat Menggunakan Software Inventory

1. Bagi perusahaan

  • Memudahkan perusahaan dalam memantau posisi stok saat ini.
  • Memudahkan perusahaan dalam menghasilkan laporan atau informasi bagi stakeholder
  • Memudahkan perusahaan melakukan rekonsiliasi/stock opname
  • Memudahkan perusahaan dalam mengelola vendor
  • Meminimalisir biaya yang dikeluarkan akibat kesalahan manusia
  • Mengurangi lead time selama proses produksi dan pemesanan barang
  • Manajemen saldo

2. Bagi Dirjen Pajak dan Cukai

  • Kemudahan dalam mengontrol pergerakan persediaan perusahaan
  • Kemudahan dalam melakukan rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan sistem persediaan yang dimiliki perusahaan

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa perusahaan sangat memerlukan adanya sistim persediaan, salah satunya dengan menggunakan Software Inventory,  dengan Program Inventory memudahkan pencatatan bagi staff dan mempercepat pengambilan keputusan bagi manajemen perusahaan.

>>> Download Software Inventory Gratis, Klik Disini <<<