Tips Mengembangkan Usaha Dagang Agar Sukses

Tips Mengembangkan Usaha Dagang – Berdagang menjadi kata umum yang sering didengar sehari-hari. Banyak orang menjadikan berdagang sebagai pekerjaan utama mereka untuk mendapatkan penghasilan dan membiayai hidup sehari-hari. Mulai dari berdagang pakaian, makanan, alat bangunan, alat tulis, mainan anak, dan sebagainya.

Dengan menjual barang-barang hasil produksi sendiri maupun menjual kembali barang produksi orang lain, seseorang dapat menghasilkan uang dengan cara yang mudah, meskipun dalam kenyataannya sering kali berdagang mengalami tantangannya tersendiri. Sering kali seseorang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha dagangnya dikarenakan faktor internal maupun eksternal. Anda tidak perlu khawatir, karena ulasan berikut ini membahas mengenai tips mengembangkan usaha dagang untuk Anda yang berkeinginan untuk memulai berdagang.

Tips Mengembangkan Usaha Dagang

tips mengembangkan usaha dagang

Menambah jenis barang yang dijual

Jika Anda merasa bahwa selama berdagang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha dagang, maka menambah jenis barang yang dijual di tempat Anda bisa menjadi sebuah solusi sebagai cara memajukan usaha toko. Menambah jenis barang dapat dilakukan berdasarkan inisiatif Anda sendiri ataupun banyaknnya pelanggan Anda yang menanyakan barang tertentu namun tidak tersedia di toko Anda. Dalam menentukan jenis barang baru ini, Anda juga tidak boleh bertindak ceroboh karena Anda harus memikirkan barang yang memang benar-benar dibutuhkan di lingkungan toko Anda. Dengan menambah jenis barang, maka pemasukan yang Anda dapatkan bisa dipastikan meningkat.

Baca juga : 3 PERAN PENTING UMKM, PENGGERAK SEKTOR EKONOMI INDONESIA

Memperluas segmen pasar

Tidak berbeda dengan tips di atas, Anda juga harus mencermati segmen atau kelompok mana yang barang kebutuhannya belum bisa dipenuhi oleh toko Anda. Mulai dari anak kecil, pelajar, pedagang, ibu rumah tangga, dan sebagainya. Jika Anda merasa perlu memperluas segmen untuk anak-anak, maka Anda bisa menambah jenis barang yang dijual seperti mainan, makanan ringan, ataupun minuman. Jika Anda ingin meraih segmen pasar ibu rumah tangga, maka Anda bisa menambah jenis barang kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur, beras, terigu, ataupun gula. Sehingga produk yang Anda tawarkan menjadi bisnis yang perputaran uangnya cepat.

Menambah jasa

Menambah jasa yang ditawarkan oleh toko usaha Anda bisa menjadi cara dagang sukses dengan modal sedikit. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan Anda menambah jasa laundry, loket pembayaran PDAM, PLN, maupun Telkom tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalin kerjasama, misalnya dengan layanan jasa laundry tertentu di mana Anda hanya perlu memasang papan nama dan menunggu pelanggan menggunakan jasa laundry tempat Anda bekerja sama. Sedangkan untuk jasa pembayaran PDAM, PLN, maupun Telkom Anda membutuhkan komputer, internet, dan printer untuk menunjang usaha Anda dalam menambah jasa.

Baca juga : Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

Menjadi semi agen

Jika selama ini Anda berjualan secara satuan/eceran, Anda bisa mencoba untuk berjualan secara partai/grosir. Dengan berjualan secara partai/grosir, Anda bisa menargetkan warung-warung kecil sebagai segmen pasar Anda. Tips yang perlu Anda ketahui untuk menjadi toko semi agen adalah usahakan agar harga jual di toko Anda bersaing dengan agen lain atau perbedaan harga di toko Anda dengan agen tidak terlalu besar.

>>> Download Aplikasi Dagang Gratis, Klik Disini !!! <<<