Inilah 4 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil – Memiliki usaha kecil & mengelola keuangan sendiri sedikit rumit prosesnya utamanya saat harus membedakan keuangan perusahaan & keuangan pribadi. Apalagi jika semuanya masih serba manual & belum tersistem menggunakan software berbasis teknologi komputer. Padahal dengan pengelolaan keuangan yang baik, pemilik usaha dapat lebih ralistis dalam merencanakan pengembangan usaha berdasarkan kemampuan keuangan yang disajikan dalan sebuah laporan keuangan yang mudah dipahami.

Idealnya apabila usaha tergolong usia masih kecil, pemilik usaha fokus untuk pengembangan usaha & perluasan pasar. Di sisi lain, sebenarnya ada cara mudah & praktis bagi pemilik usaha kecil untuk mengatur keuangan perusahaan tanpa mengganggu program utama perluasan pasar tersebut. Berikut ini ulasan tips mudah mengatur keuangan untuk usaha kecil:

4 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil

  1. Luangkan waktu untuk memahami semua tanggung jawab keuangan Anda.

Jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri (artinya bukan usaha gabungan atau malah jadi karyawan), maka Anda bertanggung jawab untuk mengelola uang Anda sendiri. Beberapa tanggung jawab keuangan yang perlu Anda pahami:

  • Pemasukan

Pemasukan merupakan sumber utama penyumbang dana segar bagi perusahaan. Catatdengan rapi dan alokasikan untuk menutup biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha.

  • Biaya

Biaya operasional harian- Biaya operasional harian dari usaha Anda yang perlu dicatat dengan rapi kedalam sistem meliputi pembukuan dan pencatatan transaksi, pemantauan dan pembayaran faktur, membayar gaji pegawai, membayar tagihan suplier, biaya pajak dan juga penganggaran.

  • Laba dan Rugi

Laba dan rugi merupakan akumulasi seilih dari pemasukan dan biaya yang dikeluarkan. Jika plus artinya untung dan jika minus artinya usaha Anda rugi. Sisiahkan dana cadangan untuk memperkuat arus kas perusahaan. Investasikan waktu dalam memahami proses dari setiap tanggung jawab keuangan yang Anda miliki tersebut agar usaha berjalan dengan lancar.

Baca Juga :CARA MENGATUR MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN APLIKASI

  1. Buat jadwal pencatatan yang rapi

Kunci pengelolaan keuangan yang baik adalah kontrol dalam bentuk pencatatan yang rapi. Kehilangan kendali akan kontrol keuangan merupakan bahaya yang siap membuat usah Anda terjerumus dalam ober budget yang membuat usaha merugi bahkan tutup. Tugaskan salah seorang karyawan Anda untuk menyimpan hal-hal yang teratur dan melakukan tugas-tugas akuntansi sesuai jadwal. Menggunakan software manajemen keuangan merupakan langkah yang tepat.

  1. Gunakan perangkat lunak akuntansi berbasis IT

Walau Anda bukan seorang akuntan, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan alat kontrol yang “user friendly” alias mudah dipahami. Praktik umum untuk pemilik bisnis yang menjalankan usaha kecil adalah mengelola akun keuangan mereka melalui spreadsheet dasar seperti Excel, tetapi perangkat lunak ini sebenarnya tidak dirancang untuk mendukung proses akuntansi Anda.

Anda bisa menemukan banyak contoh perangkat lunak akuntansi, seperti Software Akuntansi yang memiliki fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda. Beberapa fitur yang Anda butuhkan misalnya saja proses pembuatan anggaran, pemantauan untuk perolehan modal, prosedur faktur, pemisahan rekening antara penerimaan dan pengeluaran, dan kemampuan untuk menerapkan filter ke catatan keuangan Anda untuk membuat berbagai jenis data dan laporan.

Dengan sedikit meluangkan waktu untuk memahami bagaimana perangkat lunak itu bekerja, pemilik usaha akan lebih mudah dalam membuat pengelolaan keuangan atas bisnis yang dijalankan.

Baca Juga : TIPS PROMOSI PRODUK YANG BAIK DAN CEPAT SUKSES

  1. Tahu kapan harus mengambil tindakan atas laporan keuangan yang ada

Pemilik usaha harus paham baca laporan keuangan. Setidaknya tahu kapan harus mengambil tindakan atas laporan keuangan yang dan ada apa yang harus dilakukan setelahnya. Ketika menghadapi masalah dengan manajemen akuntansi dan keuangan misalnya saja Anda kehilangan kendali atas angka Anda alias tidak tahu mengapa yang tercatat diluar prediksi, Anda menghadapi hasil audit yang banyak selisih data, Anda mengalami pertumbuhan yang terlalu cepat diluar dugaan dsb. maka perlu kiranya dilakukan pembahasan atas laporan keuangan tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai tips mudah mengatur keuangan untuk usaha kecil. Jangan biarkan bisnis Anda tenggelam karena uang Anda tidak dikelola dengan benar. Akuntansi untuk pengelolaan keuangan itu tidak rumit. Kini banyak software akuntasi yang bisa Anda gunakan sehingga Anda bisa selalu menjadi akuntan untuk usaha Anda sendiri. Anda dapat gunakan Software Akuntansi kami yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang tentunya akan membantu anda mempermudah pekerjaan anda.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<