Pengertian Izin Usaha Dagang beserta Contohnya

Usaha Dagang – Usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Apabila diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis.

Dengan Banyak wirausahawan lebih suka langsung meluncurkan Usaha dan melihat apa yang terjadi dari pada menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk menentukan dan meneliti target pasar, menentukan strategi dan merencanakan keuangannya.

Wirausahawan sering  merasa bahwa proses penyusunan rencana bisnis menjadi hal yang membosankan dan tak berguna. Kecenderungan mereka adalah langsung memulai bisnis, mencoba beberapa pendekatan, dan melihat mana yang berhasil. Menyusun sebuah rencana memang merupakan sebuah kerja keras, namun demikian, itu merupakan kerja kerja keras yang banyak memberikan manfaat.

Usaha Dagang

Pengertian Usaha Dagang

Usaha dagang adalah kegiatan membeli dan menjual kembali barang atau jasa dengan tujuan mencari keuntungan termasuk menjadi perantara dari kegiatan tersebut. Banyak macam-macam usaha di bidang dagang yang tersedia, dimana bisa dipilih dengan modal kecil tapi bisa juga memberikan keuntungan besar.

Berdagang merupakan salah satu aktifitas bisnis yang menjanjikan untung besar bila pandai menyusun strategi. Hanya dengan modal kecil anda pun bisa membuka usaha di bidang dagang yang bisa ditempatkan diteras rumah.

Tetapi untuk meraih laba yang besar, kita harus tahu memasarkan dagangan dengan baik. Meskipun seringkali dipandang sebagai pekerjaan sepele, aktifitas perdagangan bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam satu malam saja.

Baca Juga : CARA MENGATUR MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN APLIKASI

Contoh Usaha Dagang

Peluang Usaha Dagang Modal Kecil merupakan ulasan yang patut di ketahui terutama bagi kita yang ingin memulai usaha di bidang dagang, namun masih bingung bagaimana cara memulainya serta modal awal yang di butuhkan. Usaha ini sangat cocok bagi pemilik modal kecil atau modal besar.

Selain itu barang dagangan yang ingin dijual sangat mudah didapatkan dan mudah dijual.  Berikut adalah macam-macam usaha di bidang dagang yang dapat menjadi pilihan untuk memulai sebuah bisnis;

  • Dagang Pakaian Murah – Berarti menjual produk pakaian murah-murah tapi berkualitas. Anda bisa bekerjasama dengan grosir pakaian besar atau produsen pembuat pakaian langsung sehingga keuntungan bisa didapatkan karena harga akan lebih murah.
  • Dagang Pulsa/ Voucher/ Kartu Perdana/ Paket Internet – Menurut kami sih, usaha ini salah satu jenis bisnis sepanjang masa. Dimana akan terus sangat dibutuhkan oleh semua orang. Mengingat saat ini hampir setiap kalangan punya HP, minimal dua per orang.
  • Dagang Gadget – Dulu memang harga HP sangat mahal, tapi kini dengan munculnya berbagai macam jenis gadget dan smartphone membuat menjual gadget potensinya masih tinggi.
  • Dagang Makanan Ringan – Memang penjual makanan ringan banyak, tapi kalau anda menyediakan produk yang unik, enak dan menarik tentu anda masih berpeluang besar mendapatkan keuntungan besar.
  • Dagang Buah dan Sayuran – Menjual buah adalah salah jenis usaha di bidang dagang yang bisa dimulai dengan modal dibawah 5 juta. Anda bisa coba mulai jual dari jenis buah yang paling laris, tidak mudah busuk dan mudah didapatkan.

Baca Juga : TIPS PROMOSI PRODUK YANG BAIK DAN CEPAT SUKSES

Jenis – jenis usaha dagang

Usaha dagang dikelompokkan menjadi dua yaitu berdasarkan produk yang diberdayakan, dan macam konsumen yang terlibat. Berikut macam-macam usaha di bidang dagang

  1. Jenis-Jenis Usaha Dagang Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan 
  • Usaha Dagang Barang Produksi, adalah Usaha yang memperdagangkan produk bahan-bahan baku (raw material) sebagai bahan dasar pembuatan produk atau alat-alat produksi untuk menghasilkan produk lain. Seperti kayu gelondongan dan mesin gergaji.
  • Usaha Dagang Barang Jadi, adalah Usaha yang memperdagangkan produk final atau dalam bentuk akhir yang siap untuk dikonsumsi manusia. Seperti buku,sepatul, televisi dan lain-lain.
  1. Jenis-Jenis Usaha Dagang Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat
  • Usaha Dagang Besar (Wholesaler),adala Usaha yang secara langsung membeli produk dari pabrik dalam jumlah yang besar. Usaha kemudian menjual barannya ke sebagian pedagang dengan perantara yang volume penjualan yang cukup besar. Contohnya usaha di bidang dagang besar adalah grosir.
  • Usaha Dagang Perantara (Middleman), adalah Usaha yang membeli dalam partai besar untuk dijual kembali ke pengecer dalam jumlah sedang. Contoh usaha di bidang dagang besar adalah subgrosir.
  • Usaha Dagang Pengecer (Retailer), adalah Usaha yang langsung berhubungan dengan konsumen. Konsumen dapat membeli secara eceran atau produk yang ditawarkan. Retailersering kita dapati di lingkungan kita. Contoh Usaha dagang pengecer adalah warung, kios dan swalayan.

usaha dagang

Perizinan Usaha Dagang

Perizinan usaha dagang adalah alat untuk membina, mengarahkan, mengawasi, dan menerbitkan izin-izin usaha perdagangan. Pada dasarnya setiap Usaha, apapun yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh keuntunggan.

Untuk memperoleh keuntungan, setiap Usaha diantaranya harus pandai mengelola usaha dengan manajemen yang baik. Untuk memperlancar dalam pengelolaan usaha setiap pengusaha diwajibkan mengurus surat izin dari instasi pemerintah terkait.

Prosedur pendirian Usaha Dagang :

  1. Akta Pendirian Usaha dagang dibuat o/ notaris
  2. Didaftarkan di kepaniteraan PN Setempat
  3. Mengurus SIUP/ TDP ke Kantor Perindag

Persyaratan :

  1. Fotocopy KTP Pemilik
  2. Fotocopy Kartu Keluarga Pemilik
  3. Fotocopy NPWP Pribadi Pemilik
  4. Surat Pengantar dari RT/RW (jika Kantor di Rumah/Ruko)
  5. Fotocopy PBB Tahun Terakhir dan Surat Sewa (jika Kantor sewa)
  6. Pas Foto 3×4 Berwarna 3 Lembar

>>> DOWNLOAD SOFTWARE UNTUK BISNIS DAGANG GRATIS, KLIK DISINI !!! <<<